(1371501691/Agri Febrianto) Bagian penting dalam skateboard

Sebelum lu mau pada mau rakit skateboard lebih abdol lagi kalo lu tau bagian-bagian dari skate itu sendiri brok. Biar kaga malu-maluin aja, masa beli terus dimainin doang tapi kaga tau bagiannya haha. Ya gak brok?
Ni dah langsung baca aja dibawah biar tau apaan aja bagian-bagiannya haha

1. Deck
Deck adalah badan dari skateboard, atau bisa juga disebut elemen paling penting dari skateboard. Ukuran deck bisa bermacam-macam mulai dari 7.5 inch sampai 8.5 inch.




Deck terbuat dari kayu mapel yang dipotong tipis-tipis lalu ditumpuk menjadi satu, biasanya hingga 7 atau 9 lapisan kayu mapel yang direkatkan dengan lem lalu dimasukkan kedalam mesin press dan akhirnya di press hingga membentuk lekukan pada deck.

2. Griptape

Apa itu griptape? mungkin buat kalian guys yang baru mencoba olahraga skateboard namun bingung kata-kata atau fungsi dari griptape, kita disini akan menjelaskan apa itu pengertian griptape.



Griptape Ini cuma selembar fungsinya untuk menutupi board mu. Griptape akan membantu kamu untuk menghindari terpeleset dari papan kamu ketika kamu meluncur dan melakukan trik. Ada beberapa jenis griptape ada yang kasar dan yang halus ini tergantung beberapa banyak uang yang kamu sediakan . Kebanyakan griptape berwarna hitam tetapi ada yang berwarna dan bergambar. Kualitas griptape yang paling bagus adalah yang berwarna hitam.

3. Truck

Trucks merupakan besi penyangga papan skate dan berfungsi pula sebagai poros dari putaran roda.



Peran trucks dalam skateboard sangatlah penting, selain sebagai penopang papan dan poros putaran roda, trucks juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam trick seperti '50-50 grind', 'crocked grind', 'nose grind', 'five-O', dan lain sebagainya. untuk harga sebuah trucks bervariasi, mulai dari Rp.250.000- Rp.600.000, itu tergantung dari merk, model dan bahan yang digunakan.

4. Wheels

Wheels atau roda dalam skateboarding memiliki fungsi yang sama dengan roda yang ada pada motor maupun mobil, fungsi utama nya adalah untuk membantu berjalan. yah you know lah fungsi sebuah roda kayak gimana.



Roda dalam skateboard ada empat buah sebagai penopang papan skate dan membantu papan skate agar bisa menggelinding, model dan ukurannya pun bervariasi. bahan pembuatan untuk roda skateboard terbuat dari polyurethane yang sudah terbukti kuat dan bisa meredam tekanan dari tubuh para riders. harga untuk satu set roda (4 buah tanpa bearing) sekitar Rp. 200.000- Rp. 400.000

5. Bearings

Bearings adalah pemutar roda, sebuah roda tanpa ada bearing tidak bisa bersandar dan berputar pada trucks, selain itu bearings pun memiliki bermacam tingkat kecepatan, dituliskan dalam ukuran abec, mulai dari abec 3, sedang, abec 5, sedang, dan abec 7 cepat. semakin tinggi angkanya maka semakin licin dan cepat juga perputaran bearings pada roda.



Dalam satu roda membutuhkan 2 buah bearings, maka dalam satu set papan skate membutuhkan 8 buah bearings. harga satu set bearings sekitar Rp. 150.000-Rp.250.000.
tips : bearings motor pun bisa digunakan untuk roda skateboard asalkan ukurannya sama, dan harganya pun tentu lebih murah dibandingkan harga bearings yang sudah berlogo.

Gw rasa cukup yak brok untuk penjelasan part skate board ini, kurang lebihnya maafkan hehe

Komentar

Postingan Populer