pantai ini belum banyak orang tau (Refaldy Naufal 1571504404)

Pantai Ngeden beradadi desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sebelumnya pantai ini bernama Ngedan kemudian setelah dikelola pemerintah, masyarakat sekitar menggantinya dengan pantai Ngeden.
Pantai Ngeden termasuk pantai yang masih alami karena belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Meskipun demikian, pantai ini cukup populer di kalangan masyarakat lokal atau sekitar khususnya para pecinta alam. Di sana menyuguhkan banyak pesona alam yang menakjubkan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
Untuk sampai ke pantai Ngeden dari Yogyakarta harus bisa melewati Jalan Wonosari – Sampaan – Piyungan – Bukit Bintang – Sambipitu – Hutan Bunder – Gading atau pertigaan sesudah lapangan udara ke arah kanan menuju Playen – Tumpak – Pasar Playen – Kecamatan Playen – Pasar Paliyan – Pusat latihan TNI AD masih lurus ke selatan sesudah ada telaga belok ke kanan – Polsek Saptosari – Jalan Jalur Lingkar Selatan – Lapangan Saptosari lurus  kemudian sampai di pertigaan depan balai desa Jetis belok kiri – SMPN 2 Saptosari – SDN Bibis sampai ke pertigaan belok kanan dan memasuki jalan corblok di sana terdapat papan petunjuk menuju lokasi pantai Ngeden.
Sebagaimana pantai Gunungkidul lainnya, pantai Ngeden juga dikelilingi oleh bukit ataupun tebing yang cukup tinggi.Bukit tersebut tampak kehijauan dan menambah pesona pantai Ngeden. Di puncak bukit tersebut juga ada gardu pandang yang bisa dijadikan tempat melihat pemandangan alam sekitar.
Pengunjung bisa menaiki puncak bukit karena sudah tersedia jalan setapak yang permanen menuju bukit. Di sana pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dan laut secara keseluruhan dari jarak yang relatif jauh. Meskipun demikian harus tetap hati-hati karena jalannya yang licin dan terjal.