Touring Jakarta - Jogja via Vespa (Refaldy Naufal - 1571504404)

2.TOURING JAKARTA – JOGJA VIA VESPA

Sudah banyak yang mengukur mengenai jarak tempuh ini, ya tapi ini saya jadikan sebagai catatan pribadi saya. Karena saya berangkat dari ujung selatan Jakarta, maka jaraknya cukup representatif lah, kalau dari utara Jakarta jelas lebih jauh, apalagi Jakarta itu besar jenderal…
Berangkat dari rumah, Excel Rose menampilkan angka 88031 di tripmeternya, nah saya menuju Yogyakarta melalui Puncak, Bogor, Bandung, Tasikmalaya, Majenang, Kebumen, jalur selatan Daendels, Bantul dan akhirnya sampai di kota Yogyakarta. Saya juga sempat mutar-mutar sedikit di Tasikmalaya, anggaplah jadi tekor 20 Km.
Sampai di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Tripmeter menunjukkan 88695. Jadi, kira-kira jarak yang telah ditempuh sejauh  664 Km. Melalui jalur ini, saya membutuhkan total sekitar 11,5 Jam dari Jakarta ke Majenang (dengan isitirahat 1,5 jam) dan dari Majengang ke Yogyakarta butuh 7 Jam 20 menit. Jika dihitung lama perjalanan (termasuk beberapa istirahat selama 1 jam 40 menit) dan waktu berhenti di Majengang (22.00-04.50) tidak dihitung, maka lama perjalanan kira-kira 20 Jam 30 menit.
Apakah itu waktu yang lama? Saya rasa sih tidak, sebab jalanan tak terlalu padat dan Excel Rose juga digeber lumayan kencang (rata-rata 60-80 Km/jam), kadang dipanteng di 90 Km/jam, dengan top speed di perjalanan berangkat 110-120 Km/jam (tentu sangat jarang). Kelemahannya tentu di rem dan akselerasi yang tidak sebaik motor-motor baru (karena memang saya bawa dengan economic mode hehe..). Jadi, kalau ada Bro yang mau coba juga Jakarta-Yogya dengan roda 2 di waktu normal, 20 jam sudah bisa jadi patokan. Kalau pakai motor baru 150-200cc sekarang ya menurut perkiraan bisa 18 jam lah (cepat, tetapi tak ugal-ugalan).
Oh ya, untuk menempuh 664 Km itu, saya beli bensin 100.000 rupiah. Jadi dari rumah penuh, sampai di kota Yogya saya isi penuh lagi ya habisnya 100 ribu rupiah itu. Jauh lebih irit dari perkiraan saya.
Nah, perjalanan pulang melalui jalur utara dan jalur tengah. Nah, yang ini jauh lebih lama. Sama-sama terbagi dalam dua hari. Hari pertama sampai Tegal via Semarang dengan lama perjalanan plus istirahat sekitar 8 jam 45 menit. Dan besoknya dari Tegal via Cirebon, Sumedang, Subang, Cikampek, Bekasi memakan waktu 11 jam 30 menit. Kalau ditotal perjalanan 2 hari itu dari Yogyakarta ke Jakarta via pantura dan jalur tengah, dengan istirahat habis 23 jam 45 menit. Jarak tempuh di tripmeter juga lebih jauh dengan sempat blusukan juga ke jalur tengah yang jalanannya kecil. Jika tiba di Yogya tripmeter menunjukkan 88695, maka setelah saya pakai ke Kaliurang, perbatasan Jawa Tengah-Yogya, kembali ke kota Yogya lagi, ke Bantul, lalu Wonogiri, lalu ke kota Yogya lagi, lalu dipakai ke Jakarta, angka di tripmeter menunjukkan 89580 Km. Artinya dari tiba di Yogya, jalan-jalan di kota Yogya dan sekitarnya, kemudian pulang ke Jakarta, Excel Rose menempuh 885 Km.